Setelah saya cek link download pada error, payah juga cloude storage dari ziddu nih. saya mohon maaf atas ketidak nyamanan ini kepada para pengunjung yang membutuhkan, semua link download dari clode storage ziddu error semua, kayaknya untuk merombak link download butuh waktu yang tidak sebentar. terima kasih..

Minggu, 01 Juni 2014

HUKUM SOLAT QOBLIYYAH JUM'AH perspektif SYAFI'IYYAH

A. pengertian
solat qobliyah jumah( qj ) yaitu: solat sunnah 2 atau 4 rokaat yang di lakukan sebelum solat jumat.

B. Hukum solat qoblyah jumat.

Hukum solat qoblyah jumat adalah sunnah muakkad sama halnya sunnah qoblyah dzuhur,di mana solat jumat adalah sebagai pengganti solat dzuhur,ketika solat qoblyah dzuhur mempunyai hukum sunnah muakkad maka solat qoblyah jum'at juga mempunya hukum sunnah muakkad.

C. Dalil kesunnahan solat qoblyah jumah.
1. Hadist
a."kullu addzanaini solatun"[fathul wahab juz 1 hlm: 154 cet: nurul huda surabaya]
yang artinya setiap dua adzan ( adzan dan iqomah ) terdapat solat (sunnah).[hr. Bukhori muslim]
b. Hadist yang di riwayatkan oleh abu huroiroh bahwasanya: "datang sh sulek al ghotofani sedang rosululloh SAW.sedang berhotbah maka nabi bertanya kepadanya" apakah engjau sudah solat sebelum datang kesini..?" " belum " jawab sh sulek.maka nabi bersabda " solatlah dua rokaat dan ringankan saja ( jangan pakai ayat ayat panjang )[hr. Ibnu majjah,sunnah ibnu majjah.hlm 344]
c. Hadist yang di hafal oleh sh ibnu umar bahwasanya " setiap 1 hari terdapat 10 rokaat solat sunnah (muakkad)[hr. Mutafaqun 'alaih][al ghozali " ihya' ulumuddin " juz 1 hlm 193 cet: al hidayah surabaya]
10 rokaat di sini maqsudnya solat rowatib yang muakkad,[kifayatul ahyar juz 1 hlm: 86] demikian rinciannya:
2 rokaat >>sebelum subuh.
4 rokaat >>sebelum dan sesudah dzuhur.
2 rokaat >> sesudah maghrib.
2 rokaat >> sesudah 'isya'.
Jadi: 2+4+2+2=10
gimana.. Betulkan penambahan di atas hehe terkadang matematik tu perlu ya..
Di teruskan pembahasanya,jadi apabila solat dzuhur mempunyai 4 rokaat solat sunnah maka solat jumat pun begitu tiada beda dengan solat dzuhur,karna solat jumat sebagai pengganti solat dzuhur ya kan.. Buktinya anda setelah solat jumat tidak solat dzuhur lagi..hehe. Toh itu ada mungkin suatu rasa kehati hatian kita tidak wajib ( i'adah >> pengulangan solat dzuhur sesudah solat jumah)

2. Atsar
ternyata dalil kesunnahan solat qj tidak cukup di hadist doang lo ada atsar juga ( perilaku shahabat ) lantas mau cari alasan apa lagi bagi yang mengatakan bahwa solat qj adalah bid'ah..haha. Demikian ulasanya:
a. " sesungguhnya sh ibnu mas'ud ra. Solat qj 4 rokaat dan ba'diyah jumah 4 rokaat.demikian beliau peroleh dari ajaran nabi SAW.[hr. Tirmidzi]
b. " adalah sh ibnu umar memanjangkan solat qj dan solat dua rokaat sesudahnya jum'at yang di kerjakan di rumahnya.dan beliau cerita bahwa sesungguhnya nabi SAW.melakukan hal tersebut.[hr. Tirmidzi]

3. Ulama' syafi'iyyah
wach.. Wach.. Wach.. Ternyata ulama' syafi'iyyah pun begitu menghukumi sunnah terhadap solat qj,lantas sebagai pengikut setianya masak kita ngg' ngikut, kurang etiz kan ha.ha..

a. Imam mawawi:
" furu" menyatakan shalat sunnah jum'at sebelumnya dan sesudahnya, di sunnahkan sebelumnya dan sesudahnya solat.[40 masalah agama jld: 3 hlm 143 cet: Vl pustaka tarbiyyah]
b. Syeh khotib syarbini:
solat jum'ah itu sama seperti dzuhur.[al-iqna' juz 1 hlm 99]
loch.. Sama gimana maqsudnya ya..
Ya begini maqsudnya:
kalo sudah di vonis sama berarti hukum sebelum dan sesudahnya solat otomatis sama,semisal dzuhur punya 2 roka'at sunnah muakkad qobliyyah,maka solat jum'at pun otomatis sama punya 2 rokaat sunnah muakkad qobliyyah pham kan.. So pasti... Di teruskan cuy..ox!
C. Syeh abu yahya zakariyya al anshori:
" jum'at itu seperti dzuhur, dan masuknya waktu rowatib itu sebelum solat fardu dengan sebab masuknya waktu fardu dan sesudahnya shalat fardu,dan keduanya habis waktunya sebab habisnya waktu solat fardu.[fathul wahab juz 1 hlm 56 cet: nurul huda surabaya]

gimana.. udah mantab belum atas kesunnahanya solat qj ( qobliyah jum'ah ). Kalau belum lantas mau ikut siapa.. Di atas sudah di jelaskan
>>hadist soheh
>>atsar soheh
>>ulama' syafiiyyah mu'tamad. Wal khassil
Pokoknya hukum solat qj ( qobliyah jum'at ) adalah 100% SUNNAH, 0% BID'AH.
Udah dulu ya.. ALHAMDULILLAHIROBBIL'ALAMIIN.

0 komentar: